Kamis, 24 Mei 2012

Upaya Kecil, Manfaat Besar


Semua hal yang ada disekitar kita adalah lingkungan. Namun ada yang hidup maupun tak hidup, ada pula lingkungan sosial. Namun disini akan dijelaskan mengenai lingkungan hidup. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita yang berupa makhluk hidup. Kita hidup juga bergantung pada lingkungan di sekitar kita. Sehingga kita harus menjaga lingkungan kita agar tetap lestari.
            Arti kata lain dari menjaga lingkungan hidup adalah peduli terhadap lingkungan hidup agar tetap terjaga kelestariannya. Contoh-contoh dari peduli terhadap lingkungan adalah melestarikan sumber daya alam, menjaga kebersihan lingkungan, tidak merusak lingkungan hidup. Contoh dari upaya melestarikan sumber daya alam juga beragam.
            Banyak contoh-contoh upaya peduli lingkungan. Seharusnya kita semua dengan mudah melestarikan lingkungan. Karena banyak sekali upaya upaya kecil dan mudah peduli lingkungan. Dari upaya kecil tersebut akan memberikan manfaat besar.
            Ada pepatah yang mengatakan sesuatu yang kita lakukan akan kembali kepada kita sendiri. Begitu pula dalam upaya peduli terhadap lingkungan yang telah kita lakukan. Upaya kecil yang kita lakukan akan menghasilkan banyak manfaat untuk kita sendiri. Sebagai contoh upaya kecil tersebut adalah membuang sampah. Salah satu cara menjaga lingkungan hidup adalah membuang sampah pada tempatnya. Bayangkan sampah yang kita buang sembarangan menyebabkan polusi pada lingkungan, makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan maupun hewan akan teracuni oleh sampah tersebut. Maka hewan dan tumbuhan tersebut akan musnah. Jika hewan dan tumbuhan musnah maka musnahnya makanan untuk manusia. Jika makanan untuk manusia tidak ada lagi, maka akan musnahnya manusia. Mengerikan bukan? Sebaliknya, apabila kita membuang sampah pada tempatnya, maka makhluk hidup lainnya yang merupakan makanan manusia akan terjaga, maka kehidupan manusia juga akan tetap terjaga. Itulah yang dimaksud dengan upaya kecil memberikan manfaat yang besar. Dengan membuang sampah pada tempatnya, dapat menyelamatkan kehidupan di bumi.
            Dengan begitu kita dapat menyelamatkan makhluk hidup yang ada di bumi ini. Mempertahankan kelangsungan hidup manusia, hewan maupun tumbuhan. Itu adalah hal yang hebat. Jangan jadikan “susah” menjadi alasan untuk menghambat upaya peduli lingkungan. Jangan sekali-kali meremehkan lingkungan hidup kita, karena sesungguhnya manusia bergantung pada lingkungan hidupnya.
Maka mulailah peduli dengan lingkungan hidup kita dari upaya-upaya kecil. Sesungguhnya upaya-upaya kecil tersebut akan menghasilkan manfaat yang sangat besar. Jika upaya kecil menghasilkan manfaat yang besar, maka bagaimana dengan upaya yang besar? Maka akan menghasilkan manfaat yang jauh lebih besar. Mulailah dari hal-hal kecil lalu menuju hal yang besar. Mulailah dari diri kita sendiri, lalu orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar